Senin, 29 Oktober 2012

OPENGL


OpenGL adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan-keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu: 

-          glut.h
-          glut32.lib
-          glut32.dll



Untuk membuat aplikasi menggunakan OpenGL, terlebih dahulu kita membutuhkan suatu konsepsi interfacing dalam implementasinya. Salah satu cara yang sudah umum digunakan adalah dengan membuat window-based OpenGL. Untuk dapat membuat konsep windowing pada OpenGL, kita memerlukan tool tertentu. Kali ini saya akan menjelaskan pembuatan gambar sederhana yaitu gambar garis vertikal, horizontal, dan diagonal dengan Dev C++ sebagai IDE-nya.

Dalam membuat Garis Vertikal, Horizontal, Dan Diagonal Dengan OpenGL Pada Dev C++. Pertama yang harus yang kita lakukan adalah mempunyai perlengkapan yang digunakan :

1. Dev c++ (pastikan pc atau laptop anda telah terinstal aplikasi ini).
2. Hearder glut (hearder yang digunakan untuk open gl).

Setelah selesai menginstall Dev C++ dan header OpenGL, selanjutnya mencoba untuk langsung membuat garis vertikal,horizontal,dan diagonal menggunakan opengl, cara membuat file baru adalah :

1. klik menu file > pilih new > project.
2. pada bagian ini pilih tag multimedi > lalu klik openGL dan beri nama project.


A. Garis Vertikal


/*openGL animation code goes here */
glpushMatrix ();  //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glBegin (GL_LINES); //Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f (0.10,10.0,13.13); //Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0,0,0.0); //Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); //Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir.
glpopMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers ();  //Untuk mengantikan bagian belakang buffer  menjadi buffer layar
Sleep (1);
}
}

Maka hasil outputnya akan seperti ini


B.horizontal

/* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); //Untuk memilih warna yang digunakan.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); //Untuk membersihkan layar latar belakang.
glPushMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glBegin(GL_LINES); //Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); //Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f); //Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); //Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir.
glPopMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC); //Untuk mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
Sleep (1);
}
}
Hasil outputnya :



c.Diagonal

 
/* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); //Untuk memilih warna yang digunakan.
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); //Untuk membersihkan layar latar belakang.
glPushMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glBegin(GL_LINES); //Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan.
glVertex3f(0,0,-0.8); //Untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(9.9,8.9,0.1); //Untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd (); //Untuk mengakhiri gambar garis di titik akhir.
glPopMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC); //Untuk mengantikan bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
Sleep (1);
}
}

Maka hasil ouputnya akan seperti gambar di bawah ini :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar