PENGERTIAN ANTAR MUKA
TELEMATIKA BESERTA FITUR
PENGERTIAN ANTAR MUKA TELEMATIKA
BESERTA FITUR ( KESIMPULAN)
Pengertian antarmuka ( interface)
adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana
interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen
sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis
antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) dan Graphical User Interface(GUI).
Command Line Interface(CLI)
CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna
berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan
perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan
baris-baris tertentu.Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki
nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai
bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS)
memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista,
Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux
sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.
Graphical User Interface(GUI).
GUI adalah tipe antarmuka yang
digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui
gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing
device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa
diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device). Pengguna
komputer yang awam seringkali menilai sebuah sistem operasi dari GUI-nya.
Sebuah sistem operasi dianggap bagus jika tampilan luarnya (GUI-nya) bagus.
Padahal, seperti telah dijelaskan sebelumnya, komponen sistem operasi tidak
hanya GUI, sehingga penilaian terhadap sebuah sistem operasi tidak bisa hanya
dari satu komponen saja. Karena GUI adalah kesan pertama pengguna dengan sistem
operasi itu, setiap pengembang sistem operasi berlomba-lomba mengembangkan
GUI-nya dengan keunggulannya masing-masing.Sejarah mencatat bahwa Xerox PARC
(Palo Alto Research Center) yang pertama kali meriset tentang GUI. Pada tahun
1984, Apple merilis Macintosh yang menggunakan GUI hasil riset Xerox PARC.
Beberapa tahun kemudian, Microsoft merilis sistem operasi Windows-nya yang juga
menggunakan GUI. Apple mengklaim bahwa Microsoft mencuri ide dari Apple.
Seperti halnya CLI, tiap-tiap sistem operasi juga memiliki nama tersendiri
untuk komponen GUI-nya. Pada Apple Mac OS X, GUI-nya disebutAqua. Microsoft
memberi nama GUI Windows XP sebagai Lunar dan GUI Windows Vista sebagai Aero.
Pada Linux, ada dua pengembang utama desktop environment pada Linux, yang
masing-masing menghasilkan produk KDE (K Desktop Environment) dan GNOME. KDE
digunakan pada beberapa distro seperti SuSE dan Mandrake, sedangkan GNOME
dipakai pada beberapa distro seperti Fedora Core dan Ubuntu.
Antarmuka pemakai (User Interface)
merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka
pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan
memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur
penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi. user interface, berfungsi
untuk menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar
(ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem
secara menyeluruh step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan
terhadap suatu sistem. Yang terpenting dalam membangun user interface adalah
kemudahan dalam memakai/ menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan
kesulitan dalam mengembangkan/ membangun suatu program jangan terlalu
diperlihatkan.
Contoh Fitur Interface pada Yahoo!
Zimbra Desktop, Akses Webmail di Saat Offline Oleh: Restituta Ajeng Arjanti, “
Ini nikmatnya punya akun email berbasis web (webmail) macam Yahoo!Mail atau
Gmail: kita bisa mengakses email di mana saja, kapan saja, dan dengan mesin
komputer manapun. Tapi sayang, akses webmail hanya bisa dilakukan saat
penggunanya sedang online, terhubung dengan internet. Tapi, itu dulu. Sekarang,
pengguna layanan webmail pun bisa mengakses email-nya saat sedang offline, tak
terhubung dengan internet. Caranya dengan menggunakan aplikasi Yahoo! Zimbra
Desktop.
Asal Anda tahu, pada pertengahan
September 2007, Yahoo mengakuisisi Zimbra, salah satu perusahaan yang bergerak
di bidang aplikasi email dan kolaborasi, untuk memperluas pasar online-nya.
Akuisisi senilai USD350 juta itu telah membuahkan hasil. Akhir Juli lalu, versi
Beta 3 dari Yahoo! Zimbra Desktop telah tersedia untuk diunduh. Pemilik akun
Yahoo!Mail, Gmail, dan AOL Mail adalah yang pertama bisa merasakan nikmatnya
mengakses webmail secara offline.
Selain itu, Zimbra Desktop juga
bisa dipakai untuk mengakses email yang mendukung IMAP (Internet Message Access
Protocol) dan POP3 (Post Office Protocol). Aplikasi ini, tersedia untuk sistem
operasi Windows, Linux, dan Mac OS; diposisikan untuk bersaing dengan Microsoft
Outlook dan Mozilla Thunderbird. Saat penggunanya tak terhubung dengan
internet, Zimbra Desktop akan berfungsi layaknya sebuah aplikasi standalone. Ia
bisa dioperasikan untuk membaca setiap email yang tersimpan dalam inbox. Selain
itu, penggunanya pun bisa melakukan beragam setting fungsi dan tampilan, serta
mengakses fitur-fiturnya. Dalam keadaan online, pengguna bisa menarik
email-email baru ke dalam mailbox Zimbra Desktop-nya.
Tampilan dan Fitur
Aplikasi all-in-one email account
ini hadir dengan antarmuka yang manis dan mudah dipelajari. Tampilannya kurang
lebih sama dengan tampilan Yahoo!Mail yang baru (bukan versi klasik). Pengguna
bisa menampilkan percakapan email pada kotak di bagian bawah mailbox.
Beberapa fitur yang bisa ditemukan
dalam aplikasi ini antara lain fitur dokumen, task, dan briefcase. Fitur
dokumen memungkinkan pengguna membuat, mengedit, serta mengelola dokumen dan
spredsheet dengan mudah. Dokumen bisa ditambahkan gambar dan tabel, dan bisa
langsung dikirim via email.
Dokumen yang belum selesai bisa
disimpan pada folder Briefcase. Sementara fitur task, mirip dengan calendar,
berfungsi untuk mencatat jadwal penggunanya. Fitur lain yang umum pada aplikasi
email client—seperti fitur search, tagging, dan signature—juga ditemui pada
aplikasi ini. Satu lagi, Zimbra Desktop menyediakan beragam template mailbox.
Kalau bosan, Anda bisa menggonti-ganti wajah kotak surat Anda.
Kelebihan
Dengan dukungan terhadap beberapa
akun email sekaligus, pengguna Zimbra Desktop tak perlu repot membuka satu per
satu akun webmail-nya. Praktis—itulah kelebihan pertama yang ditawarkan oleh
aplikasi multiplatform ini. Anda bisa menyimpan semua kontak pada beberapa akun
dalam satu lokasi. Semua kontak bisa disimpan dalam format .csv untuk
memudahkan penggunanya dalam melakukan backup.
Kelebihan lainnya bisa dilihat dari
sisi produktivitas. Bayangkan ini: Anda adalah pekerja mobile, pengguna akun
webmail, dan sering ditugaskan pergi ke daerah terpencil yang jarang akses
internet. Anda banyak melakukan korespondensi dengan klien dan kerabat via akun
webmail Anda. Meski Anda punya sebuah laptop untuk bekerja, tanpa internet Anda
tak bisa membuka akun webmail Anda untuk membaca email dari klien yang
tersimpan dalam inbox, dan yang kebetulan Anda perlukan untuk membuat laporan.
Mencari tempat yang menyediakan
akses internet mungkin bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah ini. Namun, itu
jelas bukan solusi yang praktis. Zimbra Desktop bisa memecahkan masalah dengan
lebih cepat.
Zimbra Desktop menggunakan AJAX,
teknologi canggih Web 2.0, yang dirancang untuk mengelola beberapa akun email
dengan standar kapasitas penyimpanan multi-gigabyte. Dalam hal ini, Zimbra
mengklaim aplikasi buatannya jauh lebih unggul dari Microsoft Outlook yang
hanya menawarkan kapasitas mailbox 2GB. Satu lagi yang tak kalah penting,
aplikasi ini terbuka dan bisa diunduh secara gratis.
Kalau mau, pengguna Zimbra Desktop
juga bisa menggunakan Zimbra Desktop dengan Zimbra Collaboration Suite (ZCS).
Dengan ZCS, pengguna bisa mengakses email dari komputer atau perangkat genggam
manapun. Tapi, aplikasi yang satu ini tidak gratis.
Fitur antarmuka pada telematika
dapat meliputi banyak hal. Tetapi pad akesempatan kali ini yang akan saya bahas
antara lain adalah Video Conference dan GIMP. GIMP merupakan software
opensource yang dikembangkan dari Adobe PhotoShop yang bekerja dibawah platform
Linux. Tools dan Fitur pada GIMP juga menyerupai Adobe, tetapi GIMP terkesan
dibuat asal jadi oleh pengembangnya. Contohnya setiap bagian di GIMP terpisah
dan membuka window baru. Ini cukup merepotkan bagi para editing daripada
Software – Software serupa lainnya. Selanjutnya Fitur antarmuka pada telematika
adalah Video Conference. Video Conference adalah Kita dapat berkomunikasi
secara audio dan visual secara real time. Video Conference sendiri dikembangkan
pada Platform Integrated Switch Digital Network atau disingkat ISDN.
Elemen – Elemen yang mendukung
Video Conference antara lain :
- Terminal video conference atau
endpoint video conference, adalah perangkat yang
digunakan oleh pengguna video
conference itu sendiri.
- MCU (Multipoint Conference Unit),
adalah semacam server yang berfungsi sebagai
pengendali yang melibatkan banyak
pengguna dan banyak sesi konferensi atau dalam
bahasa sehari hari pengguna bisa
berkomunikasi dengan banyak orang
(multi conference).
- Gateway dan gatekeeper adalah
media yang melakukan proses adaptasi komunikasi
video conference berbasis ISDN ke
IP dan sebaliknya.
Jenis Jenis Video Conference antara
lain :
1.Real Time Colaboration Multiparty
Conferencing, merupakan sarana
hubungan konferensi yang seketika
dengan resolusi yang baik dan
interaktif.
2. Active Participation Users,
hubungan yang terjadi diantara pemakai
dengan jaringan komputer atau basis
data, merupakan konferensi yang
seketika dengan resolusi yang baik
dan interaktif.
3. Passive Participation Users,
keikutsertaan pemakai bersifat pasif dan
memerlukan hubungan yang seketika
dan interaktif.
Tujuan sebuah user interface adalah
mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat
menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk
membantu pengertian, karena bahasa merupakan alat termudah setelah gesture yang
dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya.
Meski pada umumnya panduan user
interface menyarankan agar ikon tidak diberi tulisan supaya tetap mandiri dari
bahasa, namun elemen user interface lain seperti teks pada tombol, caption
window, atau teks-teks singkat di sebelah kotak input dan tombol pilihan semua
menggunakan bahasa. Tanpa bahasa pun kadang ikon bisa tidak jelas maknanya,
sebab tidak semua lambang ikon bisa bersifat universal.
Terdapat 6 macam fitur yang terdapat
pada antarmuka pengguna telematika. Fitur-fitur itu antara lain:
1.Head Up Display System
Head Up Display (HUD) merupakan
sebuah tampilan transparan yang menampilkan data tanpa mengharuskan penggunanya
untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya. Asal nama dari
alat ini yaitu pengguna dapat melihat informasi dengan kepala yang terangkat
(head up) dan melihat ke arah depan daripada melihat ke arah bawah bagian
instrumen. Walaupun HUD dibuat untuk kepentingan penerbangan militer, sekarang
HUD telah digunakan pada penerbangan sipil, kendaraang bermotor dan aplikasi
lainnya.
2.Tangible User Interface
Tangible User Interface, yang
disingkat TUI, adalah antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan
informasi digital lewat lingkungan fisik. Nama inisial Graspable User
Interface, sudah tidak lagi digunakan. Salah satu perintis TUI ialah Hiroshi
Ishii, seorang profesor di Laboratorium Media MIT yang memimpin Tangible Media
Group. Pandangan istimewanya untuk tangible UI disebut tangible bits, yaitu
memberikan bentuk fisik kepada informasi digital sehingga membuat bit dapat
dimanipulasi dan diamati secara langsung.
3.Computer Vision
Computer Vision (komputer visi)
merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat. Dalam aturan
pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan teori yang digunakan untuk
membangun sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi dari citra
(gambar). Data citranya dapat dalam berbagai bentuk, misalnya urutan video,
pandangan deri beberapa kamera, data multi dimensi yang di dapat dari hasil
pemindaian medis.
4.Browsing Audio Data
5.Speech Recognition
Dikenal juga dengan pengenal suara
otomatis (automatic speech recognition) atau pengenal suara komputer (computer
speech recognition). Merupakan salah satu fitur antarmuka telematika yang
merubah suara menjadi tulisan. Istilah ‘voice recognition’ terkadang digunakan
untuk menunjuk ke speech recognition dimana sistem pengenal dilatih untuk
menjadi pembicara istimewa, seperti pada kasus perangkat lunak untuk komputer
pribadi, oleh karena itu disana terdapat aspek dari pengenal pembicara, dimana
digunakan untuk mengenali siapa orang yang berbicara, untuk mengenali lebih
baik apa yang orang itu bicarakan. Speech recognition merupakan istilah masukan
yang berarti dapat mengartikan pembicaraan siapa saja.
6.Speech Synthesis
Speech synthesis merupakan hasil
kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia. Komputer yang digunakan untuk
tujuan ini disebut speech syhthesizer dan dapat diterapkan pada perangkat lunak
dan perangkat keras. Sebuah sistem text to speech (TTS) merubah bahasa normal
menjadi pembicaraan.
Sumber:
http://rianpurwo.blogspot.com/2012/11/pengertian-antar-muka-telematika.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar