Pengertian Surat Resmi
Surat Resmi adalah surat yang digunakan
untuk kepentingan resmi, baik perseorangan, instansi, maupun organisasi. Dalam
penulisan surat
resmi yang baik dan benar terdapat ketentuan tertentu yang perlu
diperhatikan.
Ciri-ciri Surat Resmi
- Menggunakan kop atau kepala surat, apa bila surat tersebut dikeluarkan oleh organisasi tertentu
- Terdapat Nomor surat,lampiran dan perihal
- Menggunakan salam pembuka dan salam penutup yang lazim digunakan
- Menggunakan bahasa resmi yang sesuai dengan EYD atau aturan bahasa yang baik
- Menyertakan stempel atau cap dari lembaga resmi
Untuk mempermudah dalam membuat surat resmi yang baik dan benar, terdapat susunan atau
urutan format kerangka surat
resmi yang terdiri dari beberapa bagian yaitu:
Bagian-Bagian Surat Resmi
- Kop / Kepala Surat
- Tanggal
- Nomor Surat
- Lampiran
- Hal
- Alamat Tujuan
- Salam Pembuka
- Isi Surat
- Salam Penutup
- Pengirim
- Tembusan
- Inisial
Kop / Kepala Surat
Dalam penulisan surat
resmi menggunakan kop / kepala surat
apabila surat
tersebut dikelurakan oleh instansi atau organisasi tertentu. Kop / kepala surat umumnya
mencantumkan nama perusahaan, alamat, nomor telepon, fax, alamat email dan
alamat situs website. Selain itu juga menggunakan logo atau lambang instansi
terkait diletakkan di sebelah kiri kop surat.
Tanggal Surat
Dalam penulisan tanggal dalam surat resmi yang baik dan benar, lihat contoh format tanggal dibawah ini. Penulisan tanggal yang benar yaitu tanggal ditulis dengan angka, bulan ditulis dengan angka dan diawali dengan huruf kapital, sedangkan penulisan tahun penulisannya sema dengan tanggal yaitu dengan menggunakan angka. Sebelum penulisan tanggal nama kota tidak boleh dicantumkan karena nama kota sudah ada di bagian kepala surat dan alamat tujuan.
Contoh penulisan tanggal yang benar : 13 Juli 2012
Contoh penulisan tanggal yang salah :
Kuala Tungkal, 13 Juli 2012
Kuala Tungkal, 13-7 2012
Kuala Tungkal : 13 Juli 2012
13-Juli-2012
13 Juli 12
Tanggal Surat
Dalam penulisan tanggal dalam surat resmi yang baik dan benar, lihat contoh format tanggal dibawah ini. Penulisan tanggal yang benar yaitu tanggal ditulis dengan angka, bulan ditulis dengan angka dan diawali dengan huruf kapital, sedangkan penulisan tahun penulisannya sema dengan tanggal yaitu dengan menggunakan angka. Sebelum penulisan tanggal nama kota tidak boleh dicantumkan karena nama kota sudah ada di bagian kepala surat dan alamat tujuan.
Contoh penulisan tanggal yang benar : 13 Juli 2012
Contoh penulisan tanggal yang salah :
Kuala Tungkal, 13 Juli 2012
Kuala Tungkal, 13-7 2012
Kuala Tungkal : 13 Juli 2012
13-Juli-2012
13 Juli 12
Nomor Surat
Dalam penulisan surat resmi,
Nomor surat merupakan salah satu bagian dalam
membuat surat
resmi. Nomor
surat resmi umumnya ditulis dengan kombinasi angka dan huruf. huruf
menandakan instansi yang membuat surat resmi
tersebut sedangkan angka digunakan untuk menentukan periode atau waktu surat tersebut
diterbitkan.
Contoh Penulisan Nomor Surat Resmi yang benar :
Nomor: 113/U/OSIS/2012
No: 113 / U /OSIS / 2012
Nomor: 113.U.OSIS.2012
Alamat Tujuan
Nomor: 113/U/OSIS/2012
No: 113 / U /OSIS / 2012
Nomor: 113.U.OSIS.2012
Alamat Tujuan
Dalam
penulisan alamat tujuan surat,
sebaiknya gunakan nama orang disertai jabatannya, atau gunakan jabatannya saja
jangan menggunakan instansinya.
Contoh:
Yth.
Bapak Muhammad Iqbal
Bendaharawan
Gaji
Kantor
Penanggulangan Kebakaran
Tanjung
Jabung Barat
Kuala Tungkal
Kuala Tungkal
terima kasih, sangat bermanfaat
BalasHapus